Logo Tirainews.com

Ada Rumah Sakit di Pekanbaru Terindikasi Buang Limbah B3 Medis Sembarangan

Ada Rumah Sakit di Pekanbaru Terindikasi Buang Limbah B3 Medis Sembarangan
Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT

Tirainews.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal membentuk tim untuk menelusuri rumah sakit yang membuang limbah B3 medis sembarangan. Persoalan saat ini menjadi fokus Pemko Pekanbaru, lantaran berbahaya bagi kesehatan lingkungan. 

Hal itu diungkapkan Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT dihadapan Wartawan saat rapat bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Rumah Dinasnya, Selasa (7/1/2020). 

"Kita mendapat informasi ada salah satu rumah sakit yang membuang limbah di batas kota. Awal 2019 ada penemuan limbah medis di wilayah Pelalawan yang terindikasi dari salah satu rumah sakit di Kota Pekanbaru juga," ungkap Walikota.

Namun, Walikota enggan menyebut rumah sakit mana yang membuang limbah B3 medis sembarangan itu. Ia bersama jajarannya akan melakukan evaluasi terhadap pengolahan limbah medis yang dilakukan pihak rumah sakit, klinik dan puskesmas yang ada di Kota Pekanbaru. 

Walikota juga mempertanyakan ke mana limbah B3 medis yang dihasilkan oleh berbagai instansi kesehatan itu. Sebab, sampai saat ini di Kota Pekanbaru tidak memiliki Incinerator untuk menghancurkan limbah B3 medis tersebut. 

"Bahkan, tidak satupun rumah sakit memiliki penghancur limbah itu di Sumatera," kata dia. 

Pemko akan membentuk tim untuk melakukan evaluasi, mengecek ke mana limbah itu dibuang, apakah mereka bekerjasama dengan pihak ketiga dari dalam kota atau diluar kota.

"Limbah medis itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Setidaknya, apabila limbah medis ini terus menerus tidak dikelola dengan baik, akan menimbulkan dampak kerusakan lingkungan hingga 40 persen," jelasnya.