Logo Tirainews.com

Berjalan Kaki Babinsa Koramil 08/Tandun Bersama masyarakat Patroli Karlahut di Desa Sei Kuning

Berjalan Kaki Babinsa Koramil 08/Tandun Bersama masyarakat Patroli Karlahut di Desa Sei Kuning

Tirainews.com - Mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kawasan Hutan Diklat Bukit Suligi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08 /Tandun Kodim 0313 /KPR, Sersan Satu Sulhairi dan Kopral Satu Riki meningkatkan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

Kali ini mereka melaksanakan patroli di wilayah yang dianggap rentan terhadap kebakaran hutan di desa binaan yaitu di Desa Sei Kuning, Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu, Ahaf (10/5/2020).

Dimulai dari pagi hari, Babinsa dengan menggunakan sepeda motornya menyisir beberapa titik di Desa Sei Kuning, Kecamatan Tandun yang dianggap rentan rawan Karhutla.

Terkadang harus rela untuk 'berjalan kaki' menyusuri lebatnya hutan  karena tak dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor, tidak mengurangi semangat para Babinsa di Desa dalam melaksanakan tugasnya walaupun Di Bulan Ramadhan .

Dalam melaksanakan patroli, Babinsa melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, khususnya para Petani yang mempunyai lahan di pinggiran Hutan Diklat Bukit Suligi.

"Tujuannya untuk turut menjaga dan mencegah agar tidak membakar lahan kosong dengan alasan apapun, apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan petugas terkait utamanya dengan Babinsa yang ada di wilayahnya," kata Sertu Sulhairi .

"Hal itu dikarenakan kerawanan yang tinggi, sehingga juga harus ekstra dalam melaksanakan patroli agad lahan rawa kosong tersebut aman dari kebakaran," jelasnya.