Logo Tirainews.com

Cegah Karlahut, Babinsa Koramil 07/Kampar Aktif Laksanakan Patroli

Cegah Karlahut, Babinsa Koramil 07/Kampar Aktif Laksanakan Patroli

Tirainews.com - Personel Koramil 07/kamar Kodim 0313/KPR melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) di wilayah Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Ahad (5/7/2020). Patroli Karhutla tersebut dipimpin Pelda Erizal dan Serka Ayu Wisyafrizal.

Menurut Babinsa, wilayah Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang selama ini menjadi langganan Karlahut. "Meski di dalam suasana Covid -19 kita harus tetap melaksankan patroli. Patroli yang kita lakukan ini untuk mengoptimalkan pencegahan kebakaran lahan hutan dan menekan tingkat bahaya Karlahut di wilayah Koramil 07/Kampar, Kodim 0313/KPR," kata Babinsa.

Disamping itu juga, sambung Babinsa, patroli yang dilaksanakan tersebut sekaligus mengimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan, lahan dan kebun. "Jika ada warga yang melihat, mengetahui bahkan menjadi korban karlahut agar melaporkan ke Koramil 07/Kampar atau kepada pihak yang berwajib," kata Pelda Erizal. 

Lanjutnya, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan berlaku ancaman pidana bagi masyarakat apabila dengan sengaja membakar lahan maupun hutan.

“Babinsa juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan bila terjadi kebakaran hutan maupun kebun. Tidak hanya itu, kepada masyarakat juga disampaikan ancaman bagi siapa saja melakukan pembakaran hutan akan ada ancaman penjara," pungkas Pelda Erizal.