Logo Tirainews.com

Proses Belajar Mengajar di Pekanbaru Dimulai Senin

Proses Belajar Mengajar di Pekanbaru Dimulai Senin
Ilustrasi (net)

Tirainews.com - Proses belajar mengajar di Kota Pekanbaru dimulai Senin 13 Juli 2020. Namun, pembelajaran masih dilaksanakan secara Daring atau online. 

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah mengeluarkan surat edaran tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Virus Corona atau Covid-19. 

"Iya kita sudah keluarkan surat edaran. Saat ini masih PJJ namanya, pembelajaran jarak jauh," kata Pelaksana tugas Kepala Disdik Kota Pekanbaru Ismardi Ilyas, Sabtu (11/7/2020). 

Kata dia, hal itu berdasarkan keputusan empat menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri. Ia menyebut, PJJ yang dimulai pada 13 Juli 2020 nanti dilaksanakan sampai waktu yang belum ditentukan. 

"Belum ada petunjuk teknis (pusat). Makanya di dalam surat edaran itu kami buat sampai waktu yang belum ditentukan," jelasnya. 

Di dalam surat itu juga, masa pengenalan lingkungan juga dilaksanakan dalam jaringan (Daring) atau online. "Bagi peserta didik baru kelas I Sekolah Dasar (SD) dan kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP), pengenalan lingkungan dilaksanakan secara Daring," jelasnya. 

Sekolah juga diminta menyiapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang disusun dan dilaksanakan satuan pendidikan dengan memperhatikan kondisi masing-masing di masa pandemi Covid. Kepala sekolah diminta selalu memberi pengawasan. 

"Kepala sekolah wajib melakukan pemantauan terhadap aktivitas guru, tenaga pendidikan dan peserta didik dalam pelaksanaan PJJ agar kebijakan ini berdampak positif sebagai upaya pencegahan penularan Covid 19," jelasnya.