Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas Universitas Riau Gelar Workshop II di Desa Teratak

Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas Universitas Riau Gelar Workshop II di Desa Teratak

Tirainews.com - Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas UNRI gelar workshop II di Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Workshop II ini bertujuan untuk mempermudah sistem administrasi Desa Teratak, seperti surat masuk dan surat keluar, serta tujuan lainnya yaitu mempermudah memperkenalkan Desa Teratak melalui artikel yang ada di Aplikasi OpenSID.

Terlebih lagi pada saat pandemi Covid-19 ini, kegiatan surat menyurat harus dilakukan secara online. Untuk mengurangi kontak fisik dengan aparat Desa, aplikasi ini mampu untuk menunjang hal tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk aparatur Desa Teratak, bukan hanya memudahkan dalam pengurusan sistem administrasi Desa, Tetapi aplikasi ini juga bermanfaat untuk mengenalkan keunggulan-keunggulan yang ada di Desa ini. Selain itu aplikasi ini juga dapat diakses oleh masyarakat sekitar, dimana masyarakat sekitar bisa melihat berita-berita terbaru tentang Desa Teratak, seperti jumlah penduduk, dan informasi lainnya,” ujar Ketua Kukerta Desa Teratak Agil Vahrezi.

“Workshop kedua yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian dan Mahasiswa Kukerta dengan harapan para aparat desa dapat mengaplikasikan OpenSID dalam pelaksanaan administrasi sehari-hari yang ada di Desa Teratak, dengan pemanfaatan Aplikasi OpenSID ini desa dapat mencatat  database surat masuk dan surat keluar secara rinci,dan mempermudah dalam proses pembuatan surat dan menjadi lebih efektif dikarenakan data kependudukan telah terdata didalam Aplikasi OpenSID,” ujar Sekretaris Kukerta Desa Teratak Elva Kurniasari.

Kegiatan ini dilaksanakan Jum’at (03/09/2021) yang diikuti oleh Kepala Desa Teratak Bapak Etak Murlizar S.Sos., M.Ikom, aparat desa, serta setiap Kepala Dusun yang dimulai dari Dusun I Teratak, Dusun II Sumpadang, dan Dusun IV Pasubilah Timur. Selama kegiatan workshop berjalan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Desa Teratak.