Logo Tirainews.com

Tim Pengabdian Kukerta Unri Sosialisasi Ecobrick di Desa Teratak

Tim Pengabdian Kukerta Unri Sosialisasi Ecobrick di Desa Teratak

Tirainews.com - Tim Pengabdian Kukerta Universitas Riau melakukan sosialisasi teknologi tepat guna di Desa Teratak, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. 

Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (04/09/2021) dan berlangsung di Aula Kantor Desa Teratak, tempat anak-anak Desa Teratak belajar mengaji pada sore hari. Kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan.

Teknologi tepat guna yang diperkenalkan adalah Ecobrick yang terbuat dari sampah plastik. Sosialisasi ini ditujukan kepada anak-anak yang ada di Desa Teratak.

Tujuan sosialisasi ini adalah agar anak-anak bisa menyikapi lingkungan mulai dari usia dini. Sehingga seiring pertumbuhan anak-anak akan selalu memperhatikan lingkungan sebelum membuang sampah sembarangan, seperti sampah plastik.

Ecobrick adalah salah satu hal yang mudah untuk dilakukan dengan prinsip mengumpulkan sampah ke dalam botol plastik. “Anak-anak Desa Teratak sangat bersemangat sekali saat kami mengunjungi mereka dan mereka sangat senang sekali memasukkan sampah ke dalam botol yang telah kami siapkan sebagai peraganya," kata Ketua Kukerta UNRI Desa Teratak 2021 Agil Vahrezi Viendra.

"Kami juga memperlihatkan prototipe yang telah kami buat yaitu meja dari Ecobrick dan mereka ingin sekali menggunakan meja tersebut. Semoga melalui sosialisasi ini, permasalahan sampah plastik dapat berkurang setidaknya dalam skala rumah tangga," tambahnya.

Sekretaris Kukerta UNRI Desa Teratak 2021 Elva Kurniasari mengaku senang dengan anak-anak yang sangat antusias saat tim memberikan kesempatan untuk anak-anak memeragakan bagaimana memasukkan sampah ke dalam botol sehingga menjadi Ecobrick. 

"Juga kami berikan berbagai pertanyaan, anak-anak bisa menjawabnya dengan benar dan tidak lupa juga kami berikan hadiah untuk anak-anak tersebut," ujarnya.