Logo Tirainews.com

KKN Balik Kampung Desa Suak Lanjut Membantu Pembangunan Pos Penjagaan PPKM Level 4

KKN Balik Kampung Desa Suak Lanjut Membantu Pembangunan Pos Penjagaan PPKM Level 4

Tirainews.com - Kasus Covid-19 yang belum menemukan titik terangnya hingga saat ini membuat segala macam aktivitas masyarakat harus terhambat. Berbagai kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 pun harus tetap diterapkan untuk membatasi pergerakan masyarakat agar pandemi ini segera membaik. 

Tentunya kebijakan – kebijakan pemerintah ini harus terus berlanjut seiring dengan berkembangnya varian dari virus Covid-19 agar penanganannya tepat sasaran. Pemerintah mengatakan PPKM pun akan terus diperpanjang hingga keadaan membaik dengan selalu mengevaluasi tiap minggunya, dan levelnya pun akan disesuaikan dengan keadaan di lapangan. 

Hampir tiap pemerintah daerah di Indonesia menerapkan PPKM sebagai cara untuk mengurangi penyebaran Covid-19 dengan mengurangi berbagai aktivitas masyarakat yang tidak diperlukan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa kebijakan PPKM ini juga membebani masyarakat secara ekonomi karena aktivitas mencari nafkah pun dibatasi. 

Untuk itu, agar keadaan di seluruh Indonesia dapat membaik dan penyebaran Covid-19 pun menurun, diperlukannya kesadaran masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan dan mematuhi PPKM untuk sementara waktu. 

Demi menjaga kelancaran dari PPKM ini, KKN Universitas Riau di Desa Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak bekerja sama dengan pemerintah daerah Siak untuk membentuk pos penjagaan di jalan masuk Desa Suak Lanjut selama periode PPKM Level 4 di Siak hingga 23 Agustus. 

Kegiatan ini dipandu oleh Ketua Kelompok KKN Suak Lanjut, Reihan, di bawah arahan DPL, Andri Sulistyani, SS MSc. Pos penjagaan ini dibentuk pada hari Senin lalu tepatnya pada 16 Agustus 2021 dan akan dilakukan penjagaan rutin setiap harinya hingga 23 Agustus 2021. 

KKN Universitas Riau beserta jajaran pemerintah Desa dan organisasi Pemuda di Desa Suak Lanjut bergantian setiap harinya untuk menjaga pos tersebut, dengan mengurangi aktivitas keluar masuknya masyarakat di Desa Suak Lanjut dan memberikan masker kepada masyarakat yang tidak memakai masker. 

"Pos penjagaan tersebut juga menyediakan Hand Sanitizer kepada setiap masyarakat yang melewati pos itu agar setiap masyarakat Desa Suak Lanjut tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan pemerintah," kata Raihan.

Harapannya, dengan terbentuknya pos penjagaan PPKM ini, masyarakat di Desa Suak Lanjut dapat tetap mematuhi protokol kesehatan hingga kedepannya. PPKM ini bukan sebuah alasan bagi seluruh masyarakat untuk berhenti melaksanakan aktivitas yang berguna bagi mereka, hanya saja diberlakukannya pembatasan pada aktivitas yang tidak terlalu diperlukan. 

Sebagai bentuk kesadaran kita agar pandemi ini dapat terselesaikan, mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan dan kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.