Logo Tirainews.com

Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Kebun Sawit, Diduga Akibat Tersetrum Listrik

Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Kebun Sawit, Diduga Akibat Tersetrum Listrik
Seekor Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Kebun Sawit, Diduga Akibat Tersetrum Listrik

Tirainews.com - Seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) ditemukan dalam kondisi mati di aera HPK Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Jumat (10/12/2021). Diduga gajah tersebut mati akibat kesetrum listrik.

"Kami mendapat informasi dari anggota tim Kelompok Masyarakat Peduli Gajah (KMPG) bersama Rimba Satwa Fondation (RSF) menemukan seekor gajah betina dewasa dalam kondisi mati," kata Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau Fifin Arfiana Jogasara, Jumat (10/12/2021).

"Usia gajah lebih kurang 25 tahun dan diperkirakan sedang menyusui dalam kondisi mati," tambahnya. 

Dugaan sementara, kematian gajah tersebut disebabkan kesetrum aliran listrik yang bersumber dari kabel PLN yang terhubung ke barak pekerja kebun milik masyarakat yang dirobohkan gajah liar.

Fifin menambahkan, pemilik kebun bernama Sitorus di Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis.

"Bangkai gajah berada di kebun sawit masyarakat yang berbatasan langsung dengan konsesi PT Arara Abadi. Sedangkan Gajah liar sub populasi Giam Siak Kecil saat ini masih terpantau berada disekitar bangkai gajah yang ditemukan tersebut," terangnya.

Saat ini tim medis dari Balai Besar KSDA Riau yang langsung dipimpin drh Danang telah menuju kelokasi untuk memastikan penyebab kematian gajah dan akan dilakukan nekropsi terhadap gajah tersebut, petugas PLN juga turun kelapangan untuk memutuskan arus listrik yang ada.