Logo Tirainews.com

Seekor Gajah Betina dan Janinnya Ditemukan Mati di Kawasan Konsesi PT Riau Abadi Lestari

Seekor Gajah Betina dan Janinnya Ditemukan Mati di Kawasan Konsesi PT Riau Abadi Lestari
Seekor Gajah Betina dan Janinnya Ditemukan Mati di Kawasan Konsesi PT Riau Abadi Lestari

Tirainews.com - Seekor gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang dalam kondisi mengandung 22 bulan ditemukan mati di kawasan konsesi PT Riau Abadi Lestari, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau, Rabu 25 Mei 2022.

"Dunia konservasi kembali berduka, telah ditemukannya satu ekor gajah sumatera liar dalam kondisi mati," kata plh Kepala Balai Besar KSDA Riau Hartono, Kamis (26/5/2022).

Gajah sumatera betina ditemukan sekitar pukul 12.12 WIB oleh karyawan konsesi dengan posisi tertidur di tengah jalan KM 9 saat hendak pulang ke rumahnya. Tim gabungan Balai Besar KSDA Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) yang saat itu sedang patroli langsung menuju ke lokasi bangkai gajah yang ditemukan.

"Bangkai gajah ditemukan mati berada dalam kawasan konsesi PT Riau Abadi Lestari yang berdampingan dengan kebun sawit masyarakat," tambahnya.

Kemudian, lanjut Hartono, Balai Besar KSDA Riau berkoordinasi dengan Polsek Pinggir untuk membantu tim gabungan mengamankan lokasi. "Tim medis dari Balai Besar KSDA Riau serta Polisi Kehutanan dan didampingi dokter hewan menuju kelokasi untuk melakukan nekropsi terhadap bangkai gajah tersebut," jelasnya. 

Penyebab kematian Gajah Sumatera belum dapat dipastikan. Akan tetapi dari mulut dan anusnya keluar darah. "Diperkirakan Gajah betina tersebut berumur sekitar 25 tahun. Saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa Gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya," jelasnya. 

Tim mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran Gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium. Sampel bagian organ satwa akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

"Saat ini petugas sedang melakukan pemeriksaan sample organ gajah agar dapat diketahui penyebab kematiannya," terangnya.

Setelah dilakukan nekropsi, dengan menggunakan alat berat konsesi, tim segera menguburkan bangkai gajah betina dan janinnya dilokasi.