Logo Tirainews.com

6 Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga, Bisa Dilakukan di Rumah

6 Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga, Bisa Dilakukan di Rumah
Cara Membakar Kalori Tanpa Olahraga | Ilustrasi/detikcom

Tirainews.com - Jika ingin menurunkan berat badan, membakar kalori secara optimal merupakan hal yang penting dilakukan. Menurunkan berat badan secara cepat sangat terbantu oleh pembakaran kalori yang tepat.

Membakar kalori secara optimal, hal utama yang penting dilakukan adalah berolahraga. Pastikan untuk melakukan jenis olahraga yang tepat serta secara rutin.

Hal lain yang juga tidak boleh diremehkan adalah konsumsi makanan sehat. Menghindari makanan berlemak bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan secara cepat.

Selain dua hal tersebut, sebenarnya kita bisa membakar lebih banyak kalori walau di rumah saja. Membakar kalori ini bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa berolahraga.

Menyeimbangkan pembakaran kalori dengan intensitas olahraga dan pola makan yang tepat jadi kunci dalam menurunkan berat badan. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah cara mudah dan bisa dilakukan di rumah untuk membakar kalori.

1. Mandi Air Panas

Mandi air panas di sore hari bisa jadi cara merilekskan pikiran serta menyegarkan tubuh. Selain itu, hal ini ternyata juga bisa membantu membakar lebih banyak kalori.

Ketika kamu mandi air panas, tubuh akan bekerja keras untuk menormalkan temperatur tubuh. Lebih lanjut, upaya yang dilakukan oleh tubuh ini membakar ekstra kalori yang ada dalam dirimu.

2. Minum Air Dingin

Memenuhi kebutuhan air dalam tubuh merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Minum air dingin juga bisa sangat membantu dalam membakar lebih banyak kalori.

Masuknya air dingin ke dalam tubuh membuat tubuh berusaha meningkatkan temperatur. Kondisi ini bisa secara seketika meningkatkan metabolisme tubuh. 

3. Menghirup Aroma Vanila

Banyak orang berkelakar bahwa dia bisa bertambah gemuk bahkan hanya dengan menghirup aroma makanan. Padahal, pada aroma makanan tertentu, menghirup aromanya justru bisa membakar kalori.

Pada sebuah penelitian, diketahui bahwa menghirup parfum beraroma vanila bisa membuat keinginan seseorang mengonsumsi makanan manis jadi menurun. Lebih lanjut, aroma ini juga bisa menurunkan mengonsumsi makanan lainnya.

4. Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Melakukan aktivitas fisik berupa pekerjaan rumah tangga merupakan hal yang efektif sebagai pengganti olahraga. Selain membuat rumah menjadi bersih, kegiatan ini juga bisa membantu dalam membakar lebih banyak kalori.

5. Minum Teh Hijau

Teh hijau menrupakan minuman yang penuh dengan kandungan antioksidan di dalamanya. Kandungan ini membuat teh hijau sangat efektif dalam membakar kalori dan bisa membuat kulit tampak lebih muda.

Landungan kafein dan katekin dari teh hijau bisa meningkatkan metabolisme dan menghancurkan lebih banyak lemak. Berdasar penelitian, agar manfaat ini bisa muncul, konsumsi tiga hingga lima gelas teh hijau setiap hari dan tentunya dalam kondisi tanpa gula.

6. Berada di Tempat Dingin

Udara dingin yang kita rasakan di lingkungan sekitar bisa membantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Lebih lanjut, hal ini bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Sering berada di tempat dengan udara dingin bisa sangat membantu untuk membakar kalori ini. Pasalnya, tubuh akan berusaha menormalkan temperatur yang ada dan membakar lebih banyak kalori.*