Logo Tirainews.com

Satgas DLHK Pekanbaru Diminta Perluas Wilayah Pantauan

Satgas DLHK Pekanbaru Diminta Perluas Wilayah Pantauan
Foto : ist

Tirainews.com - Satuan Tugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (Satgas DLHK) Kota Pekanbaru diminta memperluas wilayah pantauan. Sebab, beberapa wilayah dikeluhkan lantaran sampah bertumpuk. 

Seperti yang dialami warga Jalan Sukoharjo RT 3 RW 05 Kelurahan Sukamulia Kecamatan Sail mengeluhkan banyaknya sampah. Seharusnya, sesuai jam angkut, sampah di TPS Kampung Sukoharjo itu sudah bersih.

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi saat dikonfirmasi menyarankan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) memperluas wilayah pemantauan Satgas kebersihan.

"Karena bisa jadi masih ada warga yang tidak sadar membuang sampah sembarangan karena selalu luput dari perhatian Satgas," kata Ayat, Rabu (4/12/2019). 

Jika tertangkap tangan oleh Satgas, agar bisa memberi efek jera bagi warga yang membuang sampah di luar jam angkut. Diharapkan warga bisa patuh dan taat dalam menjaga kebersihan kota.

Sementara itu, untuk ruas jalan yang pengangkutan sampah diserahkan kepada pihak ketiga, DLHK tidak bisa melepaskan begitu saja. Sebab, sistem pengawasan di lapangan oleh internal DLHK harus tetap berjalan.

"Selain juga perlu evaluas dari DLHK. Apakah pengangkutan yang lama atau ada unsur kesengajaan warga membuang di wilayah itu," jelasnya. 

Ada beberapa TPS yang banyak dikeluhkan warga. Seperti di Jalan Muslimin di sampng DPRD Kota Pekanbaru. Selain itu, di depan bulog dan Jalan Nenas.