Logo Tirainews.com

Sosialisasi Program, SKM Dirgantara Riau Diapresiasi Pemkab Pelalawan

Sosialisasi Program, SKM Dirgantara Riau Diapresiasi Pemkab Pelalawan
Foto : ist

Tirainews.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dirgantara Riau sosialisasikan program penelurusan minat dan bakat di Kabupaten Pelalawan, Riau, Kamis (30/1/2020). Program sekolah yang berada di Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang, Kelurahan Tuah Karya, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru diapresiasi oleh pemerintah setempat. 

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan M Zalal mengatakan, kegiatan sosialisasi program penelusuran minat dan bakat ini mempermudah dunia pendidikan di Pelalawan. Ini sosialisasi pertama kali di Pelalawan. 

Ia berharap, kegiatan ini dapat mempererat silahturahmi yang baik sehingga dapat menuju Pelalawan yang cerdas. Dengan adanya kerjasama dengan SMK Dirgantara, Ia juva berharap putra dan putri Pelalawan dapat menggapai cita-cita. 

"Menjadi seorang pilot yang sesuai dengan harapan bangsa," harapnya.

Ketua Pembina Yayasan Pena Intelektual Indonesia SMK Dirgantara Riau Amiruddin Tumanggor mengatakan, sekolah ini sudah memiliki izin. SMK ini mempunyai Jurusan Manajemen Logistik. 

"Jurusan ini satu-satunya yang ada di Riau," ucapnya.

Jurusan yang kedua adalah Perbankan Syariah. Jurusan ketiga yang akan menyusul adalah menyusun mesin dan rangka pesawat karena izinnya belum dilengkapi.

"Jurusan lain yang masih dalam pengurusan izin adalah usaha perjalanan wisata," jelas Amiruddin. 

Sekolah ini juga sudah punya mesin simulator pesawat untuk pelatihan pilot sejak tiga tahun lalu. Kata dia, SMK Dirgantara ini merupakan satu-satunya sekolah yang memiliki mesin simulator pesawat untuk pilot. Satu mesin sudah tiga tahun berada di lantai 9 Gedung Graha Pena. 

"Kami juga sudah membeli pesawat Boeing 737 punya Sriwijaya Air. Pesawat itu sudah sampai untuk proses perakitan," ujarnya.

Di samping itu, SMK Dirgantara juga membeli satu lagi simulator pesawat Sriwijaya tersebut. Jadi selain bisa merakit pesawat, peserta didik di SMK Dirgantara Riau juga dilatih mengendalikan pesawat melalui mesin simulator.

"Makanya, kami mensosialisasikan keunggulan SMK Dirgantara Riau ke jajaran Pemkab Pelalawan. Bupati, ketua DPRD, kepala Dinas Pendidikan, dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) beserta seluruh kepala SMP se-Kabupaten Pelalawan," ungkap Amiruddin.

Tujuan sosialisasi ini guna melihatkan keunggulan sumber daya manusia (SDM) yang dihasilan ke depan. Jajaran Pemkab Pelalawan juga diyakinkan lagi dengan penjelasan seorang penerbang, Captain Eko, yang menjelaskan seputar dunia penerbangan. 

"Harapan kami, peserta didik dari Pelalawan dapat melanjutkan pendidikan di SMK Dirgantara Riau," harapnya.