Logo Tirainews.com

Bersihkan Lahan Dengan Cara Membakar, Warga Duri Berurusan Dengan Petugas

Bersihkan Lahan Dengan Cara Membakar, Warga Duri Berurusan Dengan Petugas

Tirainews.com - Pria berinisial BK (48) warga Jalan Asrama Tri Brata, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis Riau, dibekuk Unit Reskrim Polsek Mandau, Kamis (6/2/2020). BK diduga telah melakukan tindak pidana pebakaran lahan di Jalan Sutan Bertuah Maju RT 03 RW 01, Kelurahan Pematang Pudu.

Luas lahan yang terbakar kurang lebih 1 Hektar, dan barang bukti yang diamankan berupa, 1 buah korek api dan 3 buah potongan kayu bekar terbakar.

Kapolsek Mandau Kompol Arvin Hariyadi. Sik menjelaskan, penangkapan tersangka BK setelah adanya informasi dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran lahan di lokasi itu. 

Setelah mendapat info terjadinya Karhutla, Kanit beserta timnya melakukan penyelidikan dan olah TKP Karlahut dan Gelar Perkara penanganan penyelidikan dilahan tersebut. Berdasarkan keterangan Saksi di TKP  bahwa memang ada 1  orang laki-laki yang melakukan pembakaran lahan tersebut.

"Setelah dilakukan penyelidikan dari keterangan saksi-saksi, bahwa yang membakar adalah  BK, Tim kita langsung melakukan pencarian terhadap BK. kemudian BK menerangkan bahwa benar ia melakukan pembakaran di lahan tersebut dan ia disuruh untuk membersihkan lahan kepunyaan AR dan dibayar Rp1.500.000," ujarnya.

Kapolsek juga menjelaskan, BK melakukan pembakaran tersebut atas inisiatif sendiri dengan cara menumpukkan tanaman yang diimasnya lalu dibakarnya. Namun api membesar dan BK sempat melakukan pemadaman, namun karena ingin melanjutkan berjualan, lalu BK meninggalkan lahan tersebut dalam kondisi masih terbakar dan Kondisi api menjalar kepada lahan, sehingga menyebabkan pohon sawit di lahan orang lain ikut terbakar. 

"Kini tersangka dan barang bukti di bawa ke polsek mandau guna penyidikan lebih lanjut. Pesan saya, tolong sampaikan kepada sanak saudara, kawan sepergaulan, jangan ada lagi yang membakar lahan untuk maksud apapun, mari kita saling menjaga wilayah kita dari Karhutla," pungkas kapolsek Mandau.