Logo Tirainews.com

Sudah Satu Tahun Dibangun, Pustu di Koto Pait Beringin Belum Difungsikan

Sudah Satu Tahun Dibangun, Pustu di Koto Pait Beringin Belum Difungsikan
Foto : Parlin

Tirainews.com - Gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) yang  berada di Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau Kabupaten Bengkalis Riau, belum difungsikan. 

Pantauan di lapangan, Kamis (5/3/2020) gedung yang sudah satu tahun lebih selesai dibangun itu, belum terlihat aktivitas di sana. Bahkan terlihat di sekeliling gedung Pustu tersebut ditumbuhi rumput liar.

Sejumlah masyarakat di daerah itu  sangat berharap, agar gedung untuk tempat pelayanan kesehatan masyarakat didesa itu segera difungsikan.

"Kita berharap gedung Pustu permanen yang telah siap dibangun, agar segera difungsikan," ujar Iyan,salah satu warga. 

Gedung Pustu permanen yang  menghabiskan ratusan juta uang negara, tapi pustu itu belum difungsikan sebagaimana mestinya, mengindikasikan kurang seriusnya pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis dengan fasilitas kesehatan masyarakat yang sudah ada.

"Sayang kan Gedung pustu tidak dimanfaatkan. Jika dinas terkait serius, gedung pustu itu seharusnya sudah difungsikan," ujar ketua PAC IPK Talang Muandau, Rudianto Silaban.

Kepala Desa Koto Pait Beringin, Abu Sofyan dikomfirmasi terkait belum difungsikannya gedung Pustu mengatakan, dirinya juga sangat berharap agar Pustu tersebut segera difungsikan.

Kades juga menjelaskan keseriusannya terkait pustu agar segera difungsikan. Hal itu terlihat saat kades menjelaskan jika diri  sudah menghibahkan lahan untuk gedung pustu tersebut.

"sangkin berharapnya kita agar ada pustu di sini, lahan sudah kita hibahkan. Bahkan sumur bor juga sudah dibuat, tapi apa masih bisa digunakan apa tidak, kita tidak tau, sebab sudah lama tak digunakan. Coba tanya aja sama dokter yang di Tran, karna kuncinya gedung pustu sudah sama dia," jelasnya.

Terpisah, Kepala UPT Puskesmas Serai Wangi dr Wesley Pardomuan Rambe, dikomfirmasi melalui sambungan selularnya terkait belum difungsikannya gedung pustu tersebut mengatakan, pihaknya sedang menunggu tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di Pustu itu.

"Saat ini kita sedang menunggu tenaga kesehatan yang akan di tempatkan di pustu tersebut," ujarnya singkat.