Logo Tirainews.com

Pustu di Koto Pait Beringin Belum Difungsikan, Ini Kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis

Pustu di Koto Pait Beringin Belum Difungsikan, Ini Kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis
Sofyan SPd I

Tirainews.com - Belum difungsikannya Gedung Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis Riau, ditanggapi oleh ketua komisi IV DPRD kabupaten Bengkalis, Sofyan SPd I

Sofyan menjelaskan, pihaknya telah meminta dinas kesehatan untuk segera mengisi tenaga kesehatan untuk ditempatkan di Pustu tersebut. "Kalau alat kesehatannya sudah ada dipuskesmas Serai Wangi, cuma persoalannya tenaga kesehatan ini. Jadi saya sudah minta secepatnya agar pustu di Koto Pait Beringin tersebut difungsikan," jelas Sofyan kepada wartawan, Sabtu (7/3/2020).

Sebagai komisi yang membidangi kesehatan, politisi dari PDIP itu juga menjelaskan, tenaga kesehatan yang akan ditempatkan akan diambil dari puskesmas puskesmas yang sudah ada.

"Disanakan tenaga kesehatan kurang dipuskesmas Serai Wangi itu, tentunya kan tenaga kesehatan diambil dari puskesmas dan saya sudah minta diprioritaskan untuk pelayanan di Pustu Koto Pait itu," ujarnya.

Disinggung apakah ada wacana untuk merekrut tenaga kesehatan dari lingkungan sekitar yang akan ditempatkan di Pustu itu, Sofyan mengatakan, kalau masalah tenaga kesehatan ada aturan dan surat edaran dari Kemenpan agar tidak perlu mengangkat tenaga honor dan memprioritaskan ASN.

"Kemarin waktu rapat itu persoalannya, nanti dianggap menyalahi aturan juga. Sedangkan kita hari ini fokus pada pengangkatan tenaga yang lama dan banyak kan, yang hari status belum jelas honor kontrakanya, hanya kebijakan kantor saja, kebijakan kepala desa yang jumlahnya juga ratusan di Kabupaten Bengkalis ini. Jadi kalau kita mengangkat tenaga baru, nantinya yang lama gimana," ujarnya. 

"Kita minta secepatnya tahun ini juga pustu itu difungsikan. Intinya untuk apa bangunan dibangun kalau tidak ada manfaatnya bagi masyarakat," pungkasnya.