Logo Tirainews.com

Tim Kukerta Unri Edukasi dan Periksa Kesehatan Masyarakat Desa Bulu Cina

Tim Kukerta Unri Edukasi dan Periksa Kesehatan Masyarakat Desa Bulu Cina

Tirainews.com - Tim Kukerta Universitas Riau (Unri) edukasi dan periksa kesehatan masyarakat Desa Bulu Cina. Screening kesehatan yang dilakukan yakni Cek Tekanan Darah, Kolestrol, Kadar Gula Darah sekaligus memberi edukasi pentingnya menjaga kesehatan di masa Pandemi Covid-19 melalui Zoom. 
 
Pemeriksaan kolestrol dan tekanan darah dilakukan di empat dusun di desa Buluh Cina. Tim dibagi menjadi empat. Jumlah masyarakat yang diperiksa itu lebih kurang sebanyak 200 orang. 

"Kami memulai pemeriksaan sejak pukul 07.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib. Pemeriksaan ini kami lakukan dari rumah ke rumah mengingat keadaan pandemi covid-19 yang terjadi saat ini," kata Ketua Kukerta Reyhan Avistano. 

Awalnya banyak masyarakat yang takut untuk diperiksa kesehatannya karena mereka takut jika penyakitnya tau akan menjadi beban pikiran. Namun akhirnya diberi edukasi tentang pentingnya melakukan pengecekan kesehatan secara berkala.

"Akhirnya banyak masyarakat yang tertarik untuk melakukan pengecekan. Untuk edukasinya sendiri itu kami melakukan seminar melalui aplikasi Zoom, di mana sebagai pembicara ialah Dosen Pembimbing Lapangan kami langsung yaitu dr Suyanto," ungkapnya. 

Hal itu karena keadaan tidak memungkinkan untuk mengumpulkan banyak orang, maka mahasiswa Kukerta ini melakukan dengan cara datang langsung ke rumah-rumah masyarakat.  

"Kadar kolesterol merupakan salah satu indikasi bagi kesehatan tubuh. Nilai normal kolesterol total < 200 mg/dl. Pemeriksaan kolesterol ini bermanfaat seperti, Mengidentifikasi kadar kolesterol, baik tinggi ataupun rendah agar masyarakat lebih memperhatikan kondisi kesehatannya, Melihat pengaruh olahraga dan pola  makan terhadap kadar kolesterol, Melihat pengaruh factor lain, seperti penyakit tertentu," paparnya.

Pemeriksaan Kadar Gula Darah
Pemeriksaan ini diperlukan untuk membantu mengontrol kadar gula dan mencegah penyakit salah satunya diabetes untuk jangka panjang. Pemeriksaan gula darah dapat dilakukan dengan menggunakan alat pemeriksaan gula darah digital.

"Nah pemeriksaan gula darah bisa dilakukan dengan pengambilan sampel secara acak ini yang kami lakukan di buluh cina darah yang diambil pada pemeriksaan ini diambil kapan saja. Pemeriksaan ini tidak dipengaruhi oleh waktu terakhir makan. Kadar gula darah acak normal adalah <200 mg/dL," jelasnya. 
 
Jika terdapat beberapa gejala tersebut disertai hasil pemeriksaan yang menunjukkan hasil yang diatas nilai normal, diharapkan untuk bisa memeriksakan diri ke puskesmas terdekat, agar bisa mendapatkan perawatan lebih lanjut.

"Pemeriksaan gula darah ini memiliki beberapa manfaat bagi penderita diabetes, seperti, Memantau efektivitas obat diabetes pada kadar gula darah, Mengidentifikasi kadar gula darah, baik yang tinggi maupun rendah, Memantau perkembangan penderita dalam mencapai target pengobatan diabetes, Melihat pengaruh olahraga dan pola makan terhadap kadar gula darah, Melihat pengaruh faktor lain, seperti penyakit tertentu atau stres," paparnya.