Logo Tirainews.com

Sosialisasi Kesehatan, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pemeriksa Gula Masyarakat Desa Buluhcina

Sosialisasi Kesehatan, Mahasiswa Kukerta UNRI Lakukan Pemeriksa Gula Masyarakat Desa Buluhcina

Tirainews.com - Tekanan darah dan gula darah merupakan pemeriksaan kesehatan yang penting untuk diketahui oleh masyarakat terutama pada orang dewasa hingga lansia.

Pemeriksaan tekanan darah memiliki manfaat yaitu membantu untuk mendeteksi adanya kemungkinan atau risiko hipertensi sedangkan untuk pemeriksaan gula darah atau glukosa dapat mengidentifikasi tinggi rendahnya kadar gula darah dalam tubuh.

Pentingnya pemeriksaan Tekanan Darah dan Gula Darah maka Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau di Desa Buluhcina melakukan pemeriksaan serta edukasi secara door to door  pada masyakarat Desa Buluhcina khususnya Dusun 1. 

Kegiatan tersebut merupakan bentuk realisasi program Kukerta mahasiswa dalam melakukan pengabdian pada masyarakat. Pemeriksaan dan edukasi ini dilaksanakan pada tanggal 15-18 Juli. Mahasiswa Kukerta Buluhcina datang ke rumah masyarakat untuk melakukan pemeriksaan. 

“Perlu diketahui selama kegiatan ini berlangsung mahasiswa tetap menjalani prokes covid-19 sebagai ikhtiar memutus rantai covid-19. Adapun target dari pemeriksan  adalah 50 orang,” ujar Annisaa Soraya selaku koordinator kegiatan.

Adanya kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut disambut baik oleh masyarakat Desa Buluhcina. Hal ini dibuktikan dari banyaknya masyarakat yang antusias melalukan pemeriksaan gula darah dengan alasan ingin tau apakah gula darahnya tinggi atau normal, jika tinggi maka dapat dilakukan pengobatan dini.

“Selain pemeriksaan, kami mahasiswa Kukerta juga melakukan edukasi setiap selesai pemeriksaan pada masyarakat,” ujar Dinda, salah satu mahasiswa Kukerta. 

Edukasi ini bertujuan mengajak masyarakat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain door to door, ada juga beberapa masyarakat yang datang dengan kemauan sendiri ke posko mahasiswa Kukerta untuk dilakukan pengecekan. 

Melalui kegiatan ini Mahasiswa Kukerta UNRI berharap agar masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan serta mencegah terjadinya penyakit.