Logo Tirainews.com

Tim Kukerta Balik Kampung Unri Desa Pulau Banjar Kari Sosialisasikan Budikdamber

Tim Kukerta Balik Kampung Unri Desa Pulau Banjar Kari Sosialisasikan Budikdamber

Tirainews.com - Tim kukerta Unri Desa Pulau Banjar Kari melakukan kegiatan penyuluhan Budikdamber. Kegiatan penyuluhan tersebut dilakukan pada hari Senin, 2 Agustus 2021 di belakang PAUD Desa Pulau Banjar Kari.

Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Desa beserta perangkatnya, ibu-ibu pkk, dan anak-anak. Budikdamber merupakan singkatan dari budidaya ikan dalam ember. 

Ketua Kukerta Unri Desa Pulau Banjar Kari Ferlinda Gustriana mengatakan, tidak hanya ikan, tetapi juga bisa membudidayakan sayur sekaligus. Dengan melakukan budikdamber, masyarakat dapat meningkatkan perekonomian serta ketahanan pangan. 

"Kelebihan dari budikdamber adalah dapat dilakukan di lahan yang sempit, tidak memerlukan banyak air, dapat dipindahkan, relatif murah dan mudah, sebagai sumber protein, dan tidak memerlukan listrik untuk pergantian air," kata Ferlinda.

Penyuluhan budikdamber ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang cara membudidayakan ikan dengan menggunakan metode sederhana tanpa memerlukan lahan yang luas. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan metode ini sebagai sumber penghasilan di masa pandemi.

"Masyarakat Desa Pulau Banjar Kari sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan budikdamber tersebut," jelasnya.

Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat dan kemauan mereka dalam ikut serta pada proses pembuatan budikdamber tersebut. 

"Dengan adanya penyuluhan ini, diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat bahwa di masa pandemi covid-19 ini, ada banyak kreativitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas," jelasnya.