Logo Tirainews.com

Tim KKN Unri Desa Maredan Sosialisasikan Pemanfaatan Botol Bekas

Tim KKN Unri Desa Maredan Sosialisasikan Pemanfaatan Botol Bekas
Tim KKN Unri Desa Maredan Sosialisasikan Pemanfaatan Botol Bekas

Tirainews.com - Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau (Unri) Desa Maredan Barat 2022 gelar sosialisasi dan peragaan hidroponik sederhana dengan memanfaatkan botol bekas kepada ibu-ibu rumah tangga.

Saat ini penggunaan sampah botol plastik terus meningkat dan menimbulkan masalah pencemaran lingkungan yang sudah tak asing lagi didengar oleh semua orang. 

Penggunaan barang plastik yang semakin meningkat. Namun pengolahan untuk pembuangan yang tidak sepadan dengan produksi. Dengan ini menjadi hal mendasar tim KKN UNRI melakukan pemanfaatan limbah dengan mendaur ulang sampah menjadi hidroponik sederhana. 

KKN Balek Kampung Gelombang 3 UNRI 2022 di Desa Maredan Barat, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak pada Jumat (12 agustus 2022) melakukan peragaan pembuatan dan penanaman sayur Hidroponik sederhana yang menggunakan Sistem wick dengan barang bekas. 

Adapun rangkaian kegiatan pengenalan dan merangkai alat dan bahan kit hidroponik yang terdiri atas netpot, rockwall, littler box, tutup yang telah dilobangi, dan nutrisi AB mix sebagai pupuk tanaman. Selanjutnya membuat hidroponik dari botol bekas yang di potong menjadi dua bagian, lalu menggunakan rockwall dan kain flanel menjadi sumbu. 

Rendam bibit seharian lalu bibit di semai pada rockwall yang di potong dadu. Setelah tumbuh daun dan usianya kira-kira telah kurang lebih 5 Hari sudah bisa di pindahkan ke tempat tanaman hidroponik yang telah dirakit.

Kegiatan sosialisasi dan peragaan penanaman sayur hidroponik ini dihadiri oleh ibu-ibu yang perwiritan RT 010 RW 004 dirumah Bapak Abdul Somat Desa Maredan Barat.

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kreatifitas, pengetahuan, serta meningkatkan skill, dan kesadaran warga dalam mengelola lahan sempit dan memanfaatkan alat bahan bekas menjadikan hasil yang bernilai, sehingga nantinya dapat memproduksi sayuran melalui teknik hidroponik sebagai sumber penghasilan tambahan ekonomi rumah tangga ataupun untuk pangan sendiri.