Logo Tirainews.com

Lima Tahun Dipelihara Warga Pelalawan, Owa Ungko Diserahkan ke BBKSDA Riau

Lima Tahun Dipelihara Warga Pelalawan, Owa Ungko Diserahkan ke BBKSDA Riau

Tirainews.com - Seekor Owa Ungko (Hylobates agilis) diserahan masyarakat Kabupaten Pelalawan berada di dalam kandang transit satwa Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Jumat ( 24/02/2023). Satwa berkelamin jantan itu telah dipelihara selama lima tahun.

"Owa itu diserahkan oleh warga Kabupaten Pelalawan setelah dipeliharanya selama lima tahun," ungkap Dokter Hewan Balai Besar KSDA Riau Rini Deswita, Jumat (24/2/2023).

Primata berkelamin jantan tersebut berumur 5 tahun dan dalam kondisi sehat. "Saat ini, primata telah berada dikandang transit untuk menjalani rehabilitasi sebelum nantinya dilepasliarkan kehabitatnya," ujarnya.

Rini menjelaskan, pasca-rehabilitasi diharapkan owa dapat dikembalikan ke habita aslinya. Namun belum dipastikan berapa lama prosesnya, mengingat owa tersebut sudah dipelihara sejak kecil.

Untuk diketahui, Owa Ungko salah satu jenis satwa dilindungi dan masuk dalam daftar The International Union for Conservation of Nature (IUCN) spesies terancam punah dengan status Endangered karena penghancuran habitat serta perburuan liar untuk diperdagangkan.