Logo Tirainews.com

Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas Unri 2021 Tangkerang Utara Gelar Kegiatan Diversifikasi

Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas Unri 2021 Tangkerang Utara Gelar Kegiatan Diversifikasi

Tirainews.com - Mahasiswa Kukerta Integrasi Abdimas Universitas Riau (Unri) 2021 Kelurahan Tangkerang Utara mengadakan pembinaan kelompok pembudidaya ikan melalui kegiatan diversifikasi produk nugget dan kerupuk sebagai hasil olahan ikan lele.

Kegiatan langsung dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kepada masyarakat didampingi oleh Staff Kelurahan Tangkerang Utara, Kamis (12/8/2021) di Aula Masjid Nurul Hijrah, Jalan Gelugur.

Pada kegiatan itu, Zulken, Lurah Tangkerang Utara memberikan sambutan hangat atas program yang dilakukan oleh mahasiswa Kukerta Unri di tahun ini.

"Alhamdulillah, kami menyambut baik kegiatan mahasiswa Kukerta karena telah memberikan pembinaan kegiatan diversifikasi produk olahan ikan lele kepada masyarakat Kelurahan Tangkerang Utara. Tentu saja kami dari staff kelurahan berterima kasih karena telah memberikan perhatian khusus untuk memajukan UMKM di kelurahan Tangkerang Utara," ujar Zulken.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan  masyarakat dapat mengaplikasikan inovasi pengolahan produk ikan lele sebagai makanan sehat, bergizi dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Ikan lele memiliki kandungan protein yang tinggi, dan bagus untuk membantu pertumbuhan anak, maka produk olahan seperti nugget dan kerupuk ikan lele cocok dijadikan cemilan sehat bagi anak.

Eka, perwakilan ibu PKK dari RW 13 mengaku senang ada inovasi baru dalam mengolah ikan menjadi makanan sehat.

Iesje selaku ketua tim Abdimas LPPM Unri saat mendemokan pembuatan nugget ikan lele. "Ikan itu beda beda kadar airnya, jika ikan lele dagingnya terlalu kenyal. Tingkat kelembekan terlalu rendah jadi untuk membuat adonannya bisa ditambah air es, karna kalo air biasa hasilnya bisa menjadi keras," jelasnya.

Kegiatan diakhiri dengan pengemasan produk olahan ikan di dalam plastik ziplock yang diberi label Kukerta Unri. Hasil akhir olahan nugget dan kerupuk ikan lele dibagikan kepada masyarakat dan mahasiswa Kukerta.