Logo Tirainews.com

Tim Pengabdian Kukerta Unri 2021 Produksi dan Pasarkan Produk Jahe

Tim Pengabdian Kukerta Unri 2021 Produksi dan Pasarkan Produk Jahe

Tirainews.com - Hadirnya pandemi Covid-19 telah membawa perubahan terhadap dunia dengan berbagai tantangan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Indonesia sendiri sudah lebih dari satu tahun dilanda oleh pandemi Covid-19. 

Namun, upaya pemerintah untuk menghambat penyebaran virus Covid-19 telah menghambat kegiatan perekonomian, sehingga berdampak terhadap menurunnya kesejahteraan masyarakat. Beberapa tahun belakangan ini Indonesia sudah berhasil menurunkan angka kemiskinan, namun kini angka kemiskinan kembali meningkat karena pandemi Covid-19. 

Dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubugan Kerja (PHK) terhadap karyawan, adanya larangan untuk tidak berjualan dan bahkan harus tutup, beberapa jenis usaha yang harus dihentikan/tidak boleh beroperasi, dan masih banyak lagi. Kini 1 dari 10 orang di Indonesia hidup dibawah garis kemiskinan nasional. 

Di lain sisi, hadirnya pandemi Covid-19 juga mengharuskan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat agar imunitas tubuh semakin meningkat, sehingga dapat meminimalisir resiko terpapar virus Covid-19.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Mahasiswa Universitas Riau 2021 yang dilaksanakan di Kelurahan Padangdata Tanahmati, Kecamatan Payakumbuah Barat, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, mengadakan kegiatan yang bisa dijadikan alternatif pengisi waktu luang yang bernilai ekonomis dan juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan mengolah jahe menjadi produk Instan Jahe. 

Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Secara tradisional ekstrak jahe digunakan antara lain sebagai obat sakit kepala, obat batuk, obat masuk angin, untuk mengobati gangguan pencernaan, stimulansia, rematik, menghilangkan rasa sakit, obat anti mual, dan juga sebagai obat luar untuk mengobati gigitan serangga, keseleo, bengkak, serta memar. Namun  berbagai penelitian juga membuktikan bahwa jahe mempunyai sifat antioksidan dan antikanker. 

Kegiatan produksi Instan Jahe ini disambut antusias oleh ibu-ibu Kelurahan Padangdata Tanahmati. Eko Yuliadi Syahputra SSos selaku Lurah di Kelurahan Padangdata Tanahmati juga ikut serta dalam memproduksi Instan Jahe. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Padangdata Tanahmati, karena  produk Instan Jahe tidak hanya dibuat untuk dikonsumsi secara pribadi maupun untuk keluarga. Namun produk ini juga bisa dijual sehingga dapat memberikan nilai ekonomis," kata Lurah.

Terlebih lagi pada kondisi saat ini yang mengharuskan masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat agar tidak mudah terpapar Covid-19. Maka produk Instan Jahe ini merupakan salah satu solusi bagi mereka untuk meningkatkan imunitas tubuh demi melindungi diri dan keluarga.